Sistem Operasi

A. Persyaratan Hardware

Persyaratan Sistem untuk sistem operasi Windows XP

Windows tersebut merupakan minimum persyaratan untuk fungsionalitas dasar. Persyaratan aktual berbeda-beda, tergantung pada konfigurasi sistem dan program dan fitur yang Anda pilih untuk diinstal. Jika Anda menginstal Windows XP melalui jaringan, Anda mungkin perlu ruang hard disk tambahan.

Persyaratan hardware minimum untuk Windows XP Home Edition adalah:

  • Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz)
  • RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB)
  • Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB)
  • Drive CD-ROM atau DVD-ROM
  • Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya
  • Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi
  • Kartu suara
  • Speaker atau headphone

Persyaratan hardware minimum untuk Windows XP Professional meliputi:

  • Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz)
  • RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB)
  • Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB)
  • Drive CD-ROM atau DVD-ROM
  • Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya
  • Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi
  • Kartu suara
  • Speaker atau headphone

B. Langkah Instalasi

Langkah-langkah Instalasi Windows XP

Komputer yang telah kita rakit belumlah bisa digunakan untuk aktifitas bekerja layaknya komputer yang kita temui di kantor-kantor atau rumah, Untuk itulah dibutuhkan Operating System atau Sistem Operasi yang menghubungkan manusia dengan peripheral komputer tersebut, komputer tanpa operating sistem tidak bisa digunakan, ibarat anda punya hape tetapi tidak ada sistem operasi, perlu digarisbawahi atau dicetaktebalkan, sistem operasi bukanlah merupakan suatu software, jadi sistem operasi =/= software. Lalu apa bedanya ? sebuah software membutuhkan sistem operasi, sistem operasi ini yang menjembatani antara software dengan hardware. Nah sistem operasi di sini yang familiar adalah Microsoft Windows. Windows bukanlah salah satu sistem operasi, ada banyak sistem operasi lain seperti Linux, Sun Microsystem. Mac OS, Symbhian. Sistem operasi diibaratkan sebagai body sebuah mobil, sedang mesinnya adalah hardware-hardware, nah kalo kita ikut menumpang kitalah softwarenya.

1. Siapkan CD Master Microsoft Windows XP.

cdwindowscdboxcdwindowshome

Dalam pembelian CD Windows XP ada dua pilihan, versi tray dan versi box, untuk versi tray hanya berbentuk cd dan buku manual saja, sedangkan untuk versi box ada boxnya.

Masuklah ke menu BIOS untuk mencari fasilitas boot pertama kali lewat CD/DV ROM. Tergantung BIOS yang ada, bisa menekan tombol DEL /ESC/F1 berulang-ulang saat pertama kali komputer di hidupkan.

biospos

Sebagai contoh ini adalah Award BIOS, pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD, jika sudah simpan perubahan tersebut dengan menekan F10, setelah itu simpan setting tersebut dan keluar.
Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows ( selanjutnya disebut saja dengan Windows ). Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows.

xp-setup-0-press-any-key-to

1. CD Windows XP akan dibaca, dan akan keluar keterangan yang membingungkan di bawahnya, itu adalah indikasi bawah Windows sedang meload file-file tertentu untuk proses instalasi.

startsetup

2. Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan “Welcome Setup“ berikut

welcome

Ada 3 pilihan.
a. To set up Windows XP now, press ENTER
Maksudnya kita kita memulai melakukan instalasi Windows, maka cukup menekan tombol ENTER
b. To repair a Windows X installation using Recovery Console, press R
Maksudnya bahwa untuk recovery Windows jika terjadi masalah sistem tetapi ini jika kita sudah menginstall Windows terlebih dahulu
c. To quit Setup without installaion Windows XP, press F3
Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi Windows.

3. Jika kita menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan untuk tunduk pada Licensing Agreement, dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8, jika tidak dijawab atau di tolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi, jika anda setuju terhadap persyaratan tersebut ( siapa pernah baca peraturan ? ) maka akan masuk tahap berikutnya.

aggraement

4. Jika anda setuju sekarang saatnya masuk ke proses pemilihan partisi hardisk, seandainya hardisk tersebut masuk baru maka akan ada tampilan seperti ini

partition

Maksudnya proses instalasi membaca adanya satu hardisk yang besarnya 19093 M atau 20 GB, jika anda dah yakin sesuai keberadaan hardisk tersebut tekan enter saja, untuk melakukan proses formating hardisk, format hardisk adalah membentuk blok dan cluster di dalam kepingan hardisk.

5. Proses formating hardisk

format

Anda bisa memilih tipe partisi, bisa FAT atau NTFS. Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan enter, maka instalasi akan meneruskan ke tahap selanjutnya.

formatprosesing

Ini contoh proses formating sedang berlangsung.

6. Proses selanjutnya akan secara otomatis meload file-file windows untuk dicopy ke dalam hardisk.

copyingfiles

Jika selesai tercopy saatnya booting ulang, alias restart dengan sendirinya.

Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows

logo

newlook

7. Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukan parameter yang diminta dalam proses instalasi. Regional and Language Options, adalah memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan, untuk bahasa Indonesia saat ini belum ada, kecuali dalam Windows XP Starter Edition.

regionalsetting

8. Tahap selanjutnya adalah memasukan nama dan perusahaan anda.

9. Memasukan 25 key yang ada di box atau cd

cdkey

10. Proses selanjutnya memasukan password sistem, password di sini bukan password saat kita masuk ke Windows, tetapi password yang akan digunakan jika kita hendak mereparasi windows atau masuk safe mode

passwordsistem

11. Memasukan setting jam dan tanggal serta Time Zone

settingjam

12. Setting network bisa anda abaikan dengan tekan typical saja

xp-setup-12-network-setting

Sampai tahap ini kita akan menunggu sampai Windows selesai melakukan instalasi, jika proses selesai Windows akan melakukan restart atau booting ulang. Setelah booting ulang maka Windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup, setting terakhir dan Windows akan mulai bisa digunakan secara default.

welcomeafterinstallation

Ucapan Welcome to Microsoft Windows jika berhasil akan muncul seperti gambar di atas, kita memasukan nama pengguna dengan menekan tombol di sebelah kanan bawah.

Langkah selanjutnya bisa anda teruskan sendiri.

xp-setup-17-help-protect-yo

xp-setup-18-will-this-compu

xp-setup-18b-how-will-this

xp-setup-19-ready-to-activa

xp-setup-20-ready-to-regist

xp-setup-21-collecting-regi

xp-setup-22-who-will-use-th

xp-setup-23-thank-you

Selesai dengan tampilnya desktop Windows XP

winxppro

C. Hasil Instalasi

Tips Komputer Lengkap Cara Instal windows XP beserta gambar image

D. Software Aplikasi

Sistem operasi (operating system) merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara. Sistem operasi membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Fungsi penting sistem operasi yang lain adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sistem operasi merupakan hal yang mutlak diperlukan baik dalam komputer jaringan maupun komputer client. Pada proses turn on, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan. Sistem operasi mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori. dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. Contoh sistem operasi: MS-DOS, Unix, Windows. Apple’s System 7, Linux, dan Iain-Iain.

Aplikasi Desain Website

Program Desain Web adalah program yang difungsikan untuk membuat desain website. Program ini mempunyai kemampuan menghasilkan desain website baik website statis maupun website dinamis dengan berbagai fasilitas yang dimiliki website pada umumnya. Program yang termasuk dalam desain Web, antara lain berikut.

a.     Microsoft FrontPage
Microsoft FrontPage adalah sebuah software produksi Microsoft yang digunakan untuk membangun sebuah situs web. Microsoft Front Page memiliki beberapa kelebihan yang terutama adalah sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan (user friendly).

b. Macromedia Dreamweaver
Macromedia Dreamweaver merupakan software yang difungsikan untuk membuat desain web. Di bandingkan program yang sejenis, program Micromedia Dreamweaver memiliki sejumlah keunggulan, antara lain: kemampuan menangani layout halaman web, di fasilitasi untuk membuat web interaktif yang lengkap, serta kemudahan dalam menggunakan program.

c. Open Office HTML
Open Office HTML merupakan program Web Publishing yang difungsikan untuk membuat desain web. Program Open Office HTML merupakan program tambahan Open Office yang diinstall pada program Linux.

Aplikasi Desain Gambar

Berbagai kegiatan yang melibatkan unsur desain sebuah objek gambar dapat dilakukan dengan menggunakan program desain gratis. Berbagai produk gambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi dihasilkan dari program ini. Demikian pula gambar objek foto yang dihasilkan oleh perangkat kamera digital dapat dengan mudah diedit dan dirubah sesuai dengan kebutuhan desain.

a. Corel Draw
CorelDraw adalah program gratis dengan basis vektor atau garis. CorelDraw menggunakan dasar vektor dalam mengolah image, di mana unsur dasarnya adalah garis. Keuntungan vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar dibesarkan maka gambar akan tetap terlihat solid atau utuh. Dengan CorelDraw kita dapat berkreasi dengan grafik vektor seperti manipulasi property, menerapkan efek, maupun mengedit bentuk gambar secara cepat.

b. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan program pengolah gambar berdasarkan bitmap, yaitu tersusun dari titik-titik kecil dengan sebutan pixel, di mana unsur terkecil ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah gambar. Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melewati batas maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya, yaitu kotak-kotak warna. Photoshop merupakan program yang sangat handal. Program ini juga merupakan program standar yang digunakan dalam dunia imaging dan retouchingfoto. Efek bitmap yang dimiliki oleh suatu program desain gratis memang memiliki kelebihan tersendiri karena mampu menampilkan efek yang lebih dramatis di bandingkan efek vektor.

c. AutoCAD
AutoCAD merupakan software komputer yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan gambar teknik dengan kerumitan dan keteiitian yang sangat tinggi. Secara umum, penggambaran dalam AutoCAD dibedakan dalam penggambaran 2 dimensi dan 3 dimensi, di mana dalam 2 dimensi penggambaran berdasarkan sumbu X dan Y, dan dalam 3 dimensi ada tambahan sumbu Z. Pada arsitektur gedung, penggambaran menggunakan AutoCAD menjadikan para arsitek lebih teliti dalam merancang bangunan serta dapat memprediksi suatu gubahan masa dalam perancangannya pada suatu kawasan. Perubahan atau koreksi dalam suatu perancangan selama pelaksanaan proyek akan lebih efisien, jika penggambaran dalam proyek tersebut menggunakan AutoCAD.

Aplikasi Database

Database merupakan kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu. Database tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Program aplikasi termasuk dalam kelompok database, antara lain berikut.

a. Microsoft Access
Microsoft Access adalah paket software database relasional yang memudahkan pengguna program dalam membuat dan mengelola data base kompleks. Access mempunyai kemampuan dalarr membuat database cepat menggunakan design atau dengan menggunakan Access Data base Wizard Microsoft menyediakan semua fasilitas untuk memasukan dan memanipulasi data. Database flat adalah usaha membangun sebuah basis pengolahan data yang tidak mempunyai hubungan antara tabel yang satu dengan yang lain. Microsoft Access merupakan salah satu program Microsoft Office yang difungsikan untuk mengolah data base. Program ini bekerja di bawah sistem operasi Microsoft Windows.

b. Open Office Datasource
Program Datasource merupakan bagain dari program Open Office yang berbasis pada program Linux. Dasar pengoperasian program Open Office dirancang mirip dengan Microsoft Office.

c. FoxBase
FoxBase mempunyai karakter yang hampir sama dengan program dBase. Hampir semua statemen yang ada dalam dBase dapat digunakan dalam program ini. FoxPlus dan FoxPro merupakan hasil pengembangan dari program ini. Pada mulanya FoxBase digunakan pada sistem operasi DOS, namun pada perkembangannya mulai digunakan pada sistem operasi berbasis Windows. Perintah yang diberikan pada program FoxBase menggunakan dot prompt atau menggunakan program SideKick.

d. dBase
dBase adalah suatu sistem pengelolaan data yang dirancang berdasarkan metode pendekatan relasional dengan aspek pemrograman untuk pemakaian interaktif dan pengembangan aplikasi-aplikasi yang diprogramkan. dBase merupakan suatu media yang memungkinkan pemakai dengan mudah dapat membentuk data basenya sendiri dan memanipulasinya.
Pada perkembangannya lahir program dBase III+, dan dBase IV. Program ini dirancang untuk sistem operasi DOS. Perintah yang diberikan melalui dot prompt ataupun melalui bahasa pemprograman yang disusun melalui program SideKick.

Aplikasi Spreadsheet

Spreadsheet adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Program yang termasuk dalam aplikasi spreadsheet adalah berikut.

a. Microsoft Excel
Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data. Setiap cell hanya mampu menampung 1 data saja. Microsoft Exce/merupakan paket program Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah data angka. Karena memiliki kemudahan dalam penggunaan dan banyaknya fasiiitas maka program ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Beberapa versi Microsoft Excel sesuai dengan paket Microsoft Office yang dikeluarkan oleh Microsoft. Microsoft Excel ditunjang dengan berbagai fasiiitas kemampuan seperti pengolahan data, tabel, rumus, grafik, database, dan Iain-Iain.

b. Open Office Calc
Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel.

c. Lotus 123
Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini sempat tenar dan banyak digunakan oler masyarakat dunia di era tahun 80-an.

Aplikasi Wordprocessing

Wordprocessing adalah kelompok software yang memiliki kemampuan dalam hal pengolah kata. Dalam program Microsoft Windows terdapat program Microsoft WordPad yang difungsikan untuk mengolah kata. Program yang termasuk dalam kelompok program ini adalah:

a. Microsoft Word
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang saat ini paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya. Microsoft Word memiliki berbagai fasilitas yang tersedia, kemudahan dalam menggunakan, tampilan yang menarik, dan lain sebagainya. Microsoft Word merupakan bagian dari program Microsoft Office. Microsoft Word hadir dalam beberapa versi antara lain Microsoft Word 97, Microsoft Word 2000, Microsoft Word XP, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, dan Microsoft Word 2010.

b.  WordStar
Sajian Wordstar yang sederhana dengan menggunakan sistem operasi DOS. Program ini dijalankan dengan menggunakan perintah bertitik (dot command). Pada awal tahun 80-an hingga awal tahun 90-an, WordStar sempat merupakan program pengolah kata yang banyak digunakan.

c. WordPerfect
WordPerfect merupakan program pengolah kata yang secara umum bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS. Namun dalam perkembangannya dapat difungsikan dengan sistem operasi windows. Di era tahun 80-an penggunaan program cukup banyak digunakan, namun seiring dengan perkembangan teknologi penggunaan program ini mulai diambii perannya oleh Microsoft Office.

d. Open Office Writer (Ooo Writer)
OpenOffice memiliki kemampuan dalam hal mengolah kata dengan memanfaatkan program pengolah kata yang disebut dengan Ooo Writer. Open Office umumnya diinstall dan bekerja di bawah system operasi Linux, interface pada OpenOffice mudah untuk dipelajari, karena mirip pada aplikasi Microsoft Office. Banyak features standar tersedia dan dapat diakses dengan cara yang sama pada semua aplikasi OpenOffice.

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.

Agar dapat menguasai program ini, seorang pemula harus belajar dengan berusaha menguasai bahasa pemrograman. Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari program ini jauh lebih lama dibandingkan mempelajari program aplikasi. Program aplikasi mudah dan relatif lebih cepat untuk dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman karena program aplikasi disajikan dengan sajian menu yang sederhana dan mudah untuk dipelajari.

Dengan menyusun bahasa pemrograman seorang programmer berusaha dengan segenap kemampuan yang dimiliki untuk dapat merekayasa sebuah software baru yang sistematis serta memiliki fungsi yang Khusus untuk menangani satu atau beberapa masalah pengolahan data. Bahasa pengantar pada tampilan program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa komunikasi sehari-hari yang mudah untuk dimengerti. Sementara program aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan software hanya menggunakan bahasa komunikasi internasional. Software yang termasuk dalam kelompok bahasa pemrograman, antara lain: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN, Java, Perl, PHP, dan Iain-Iain.

Adapun Software Aplikasi yang tersembunyi.

Untuk menjalankan Aplikasi-aplikasi di bawah ini :
Buka command prompt dan Ketikkan nama programnya (contoh :cleanmgr.exe) atau klik Start -> Run dan Ketikkan nama programnya (contoh :cleanmgr.exe).

1. Disk Cleanup = cleanmgr.exe
Digunakan untuk cleanup disk

2. Character Map = charmap.exe
Digunakan untuk mencari karakter yang tidak umum

3. Dr Watson = drwtsn32.exe
Digunakan untuk troubleshooting di PC.

4. DirectX diagnosis = dxdiag.exe
Digunakan untuk diagnosis audio video card anda

5. Private character editor = eudcedit.exe
Digunakan untuk membuat karakter baru di windows anda

6. IExpress Wizard = iexpress.exe
Digunakan untuk membuat self-extracting / self-installing package. seperti file Zip

7. micr*soft Synchronization Manager = mobsync.exe
Digunakan untuk membuat sincronisasi.

8. Clipboard Viewer = clipbrd.exe
Digunakan untuk melihat konten dari Windows clipboard

9. Windows Media Player 5.1 = mplay32.exe
Digunakan untuk membuka Windows Media Player versi 5.1

10. ODBC Data Source Administrator = odbcad32.exe
Digunakan untuk keperluan database

11. Object Packager = packager.exe
Digunakan untuk memasukkan objek kedalam file.

12. System Configuration Editor = sysedit.exe
Digunakan untuk mengubah system.ini dan win.ini

13. Syskey = syskey.exe
Digunakan untuk konfigurasi account di windows.

14. micr*soft Telnet Client = telnet.exe
Digunakan untuk melakukan koneksi internet sebelum ada browser.

15. Driver Verifier Manager = verifier.exe
Digunakan untuk monitoring driver di windows anda

16. Windows for Workgroups Chat = winchat.exe
Digunakan untuk chat sec

17. System configuration = msconfig.exe
Digunakan untuk mengontrol program startup

18. System Monitor = perfmon.exe
Digunakan untuk memonitor PC anda.

19. Program Manager = progman.exe
Merupakan warisan dari Windows 3.x desktop shell

20. gpedit.msc
Digunakan untuk mengatur group policy dan otorisasi, apabila Anda menggunakan Active Directory.

21. Remote Access phone book = rasphone.exe
Merupakan aplikasi seperti buku telepon

22. Registry Editor = regedt32.exe [juga regedit.exe]
Digunakan untuk tweaking dan editing registry windows

23. Network shared folder wizard = shrpubw.exe
Digunakan untuk membuat shared folder dalam jaringan

24. File siganture verification tool = sigverif.exe
Digunakan untuk verifikasi signature

25. Volume Control = sndvol32.exe
Digunakan untuk menampilkan sound control di System Tray

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s